CSR (Coorporate Social Responsibility)

9 Apr

CSR (Coorporate Social Responsibility)

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan CSR?

2. Menurut anda haruskah perusahaan melaporkan kegiatan CSR mereka? Mengapa iya dan mengapa tidak.

3. Cari di website perusahaan apa saja yang melaporkan kegiatan CSR mereka ! Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan tersebut!

jawab

1. Pengertian CSR ( Corporate Social Responsibility) :
(CSR) merupakan komitmen dari bisnis atau perusahaan untuk berprilaku etis dan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, seraya meningkatkan kualitas hidup karyawan dan keluargannya, komunitas lokal dan masyarakat luas (World Business Council on Sustainable Development). Dengan kata lain CSR merupakan upaya sungguh-sungguh entitas bisnis untuk meminimumkan dampak negatif dan memaksimumkan dampak positif operasi perusahaan terhadap seluruh pemangku kepentingan dalam bidang ekonomi, sosial dan lingkungan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Dengan demikian, perusahaan seharusnya mengetahui secara mendetail dampak operasinya terhadap semua pemangku kepentingannya dan seluruh regulasi pemerintah yang relevan sebagai batas kinerja minimum, dan berupaya sedapat mungkin untuk melampauinya berlandaskan norma etika berlomba menjadi yang terbaik.

2. Menurut anda haruskah perusahaan melaporkan kegiatan CSR mereka? Mengapa iya dan mengapa tidak?
Menurut saya perusahaan harus melaporkan kegiatan CSR, karena kegiatan CSR merupakan suatu bukti perusahaan peduli akan lingkungan yang ada disekitarnya dan berbagi dengan sesama, kegiatan yang mensejahterakan masyarakat dan lingkungan dan Bagaimanapun, laporan CSR atau laporan keberlanjutan merupakan upaya untuk meningkatkan akuntabilitas perusahaan di mata para pemangku kepentingannya.

3. Cari di website perusahaan apa saja yang melaporkan kegiatan CSR mereka ! Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk kegiatan CSR yang dilakukan oleh perusahaan tersebut!
Bridgestone Indonesia meluncurkan dua ukuran terbaru Ecopia – ban ramah lingkungan – yaitu 185/70 R14 dan 195/70 R14 yang diproduksi di Karawang, Jawa Barat, Indonesia. Ukuran baru ini dikhususkan untuk mobil kota (city car) dan MPV kecil yang merupakan moyaritas kendaraan pribadi di Indonesia. Ukuran baru tersebut melengkapi Ecopia sebelumnya berdiameter 15 inci hingga 17 inci.

Menurut Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia (BTI), Hirotaka Migita, tambahan ukuran baru tersebut untuk memenuhi permintaan pasar Indonesia yang terus tumbuh. Nilai tambah yang ditawarkan Ecopia, hambatan gelinding (rolling resistance) yang rendah. “Dengan ini, akan mengirit konsumssi bahan bakar dan tentu saja juga ramah lingkungan terhaasp lingkungan,” jelas Migita dalam rilis yang dikirimkan ke KompasOtomotif siang ini. Bridgestone mengklaim, Ecopia bisa mengirit bahan bakar 3,1 persen karena hambatan gelindingnya yang lebih rendah!

Peluncuran dilakukan saat produsen ban nomor satu Jepang tersebut mengadakan kegiatan Corporate Social Responbility (CSR) hari ini yaitu dengan menanam 300 pohon di lahan kosong sekitar Banjir Kanal Timur (BKT) di Jalan Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Timur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: